Manajemen Layanan Teknologi Informasi adalah suatu metode
pengelolaan sistem teknologi informasi (TI) yang secara filosofis terpusat pada
perspektif konsumen layanan TI terhadap bisnis perusahaan. Manajemen Layanan Teknologi Informasi merupakan
kebalikan dari pendekatan manajemen TI dan interaksi bisnis yang terpusat pada teknologi.
Manajemen Layanan Teknologi Informasi umumnya menangani
masalah operasional manajemen teknologi informasi (kadang disebut operations
architecture, arsitektur operasi) dan bukan pada pengembangan teknologinya
sendiri. Contohnya, proses pembuatan perangkat lunak komputer untuk dijual
bukanlah fokus dari disiplin ini, melainkan sistem komputer yang digunakan oleh
bagian pemasaran dan pengembangan bisnis di perusahaan perangkat lunak-lah yang
merupakan fokus perhatiannya. Banyak pula perusahaan non-teknologi, seperti
pada industri keuangan, ritel, dan pariwisata, yang memiliki sistem TI yang
berperan penting, walaupun tidak terpapar langsung kepada konsumennya.
Kegunaan dari Manajemen Layanan Teknologi Informasi sering
dianggap sebagai analogi disiplin ERP pada TI, walaupun sejarahnya yang berakar
pada operasi TI dapat membatasi penerapannya pada aktivitas utama TI lainnya
seperti manajemen portfolio TI dan rekayasa perangkat lunak.
Manajemen Layanan Teknologi Informasi berfokus pada proses
dan karenanya terkait dan memiliki minat yang sama dengan Kerangka Kerja Sistem
Informasi
Kerangka Kerja Sistem Informasi adalah bagian struktural
dalam badan sistem informasi, dimana sistem ini dijalankan melalui tahap yang
telah menjadi konsep dari sistem informasi itu sendiri. Berikut adalah kerangka
kerja sistem informasi dalam bisnis :
- Konsep-Konsep Dasar
Konsep dasar keperilakuan, teknis, bisnis danmanajerial
termasuk mengenai berbagai komponen dan peran sisteminformasi. Contohnya
meliputi konsep sistem informasi dasar yang berasaladari teori sistem umum,
atau konsep keunggulan kompetitif yangdigunakan untuk mengembangkan aplikasi
bisnis teknologi informasidalam keunggulan kompetitif.
- Teknologi Informasi.
Konsep-konsep utama, pengembangan, danberbagai isu manajemen
teknologi informasi—yaitu meliputi hardware,software, jaringan, manajemen data,
dan banyak teknologi berbasisInternet.
- Aplikasi Bisnis.
Penggunaan utama dari sistem informasi untuk
operasi,manajemen, dan keunggulan kompetitif bisnis
- Proses Pengembangan.
Bagaimana para praktisi bisnis dan pakar informasi
merencanakan, mengembangkan, dan mengimplementasikansistem informasi untuk
memenuhi peluang bisnis.
- Tanatangan Manajemen.
Tantangan untuk secara efektif dan etismengelola teknologi
informasi pada tingkat pemakai akhir, perusahaan,dan globaldalam bisnis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar