BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Suatu gejala penyakit dapat merupakan awal dari sebuah
penyakit yang dapat membahayakan pasien, tetapi pada kenyataannya gejala
penyakit tersebut terkadang dianggap remeh oleh pasien. Dengan adanya kemajuan
ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut, menangani suatu penyakit dapat
dilakukan dengan cepat dsn mudah yaitu dengan menggunakan sebuah perangkat
lunak komputer yang memiliki basis pengetahuan dari seorang pakar dalam
memecahkan masalah yang merupakan sistem pakar yang ditetapkan dalam hal medis.
Gangguan jiwa merupakan gangguan psikologis yang terjadi
disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu: faktor ekonomi, politik, maupun faktor
keluarga. Gangguan jiwa cenderung terjadi diakibatkan stres, cemas dan depresi,
sehingga daya pikir penderita diluar kenormalan manusia pada umumnya, karena
gangguan kejiwaan bisa diderita oleh kalangan manapun, terlebih adanya faktor keturunan.
Apabila gangguan jiwa ini tidak mendapat perhatian dan
penanganan yang cepat serta tepat maka akan sangat berdampak buruk bagi para
penderita. Beberapa dampak buruk itu antara lain, penderita akan selalu
dikucilkan oleh masyarakat, gangguan jiwa yang dialami penderita akan semakin
parah sehingga akan lebih menyulitkan dalam hal pengobatan, dampak buruk
tersebut juga dapat berpengaruh kepada keluarga maupun keturunan penderita yang
juga dapat mengalami gangguan jiwa. Dampak yang paling parah apabila gangguan
jiwa yang diderita cukup berat dapat menimbulkan suatu keinginan atau tindakan
untuk melakukan bunuh diri atau melakukan suatu tindakan yang lebih parah
seperti pembunuhan dan hal tidak wajar lainnya.
Dengan adanya aplikasi sistem pakar memudahkan dalam
berkonsultasi dengan cepat dan tidak membutuhkan biaya besar serta dapat
memberi pemahaman pada masyarakat bagaimana gejala – gejala awal gangguan jiwa.
Aplikasi diagnosis gangguan jiwa yang akan dibuat menggunakan sistem pakar akan
mencatat gejala – gejala dari pasien dan akan mendiagnosis tingkat/kategori
gangguan jiwa berdasarkan pengetahuan yang didapati dari seorang pakar, maka
diharapkan aplikasi ini dapat membantu dan mempermudah pihak – pihak
terkait dalam melakukan diagnosis
penyakit bagi pasien.
Berdasarkan latar belakan diatas, maka penulis sangat
tertari untuk melakukan penelitian tentang “SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA
GANGGUAN JIWA MENGGUNAKAN METODE FUZZY MULTIPLE
ATTRIBUTE DECISION MAKING (Studi Kasus RSUD dr. Fauziah Bireuen).
1.2. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah penulis
kemukakan diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :
- Bagaimana mengindentifikasi gangguan kejiwaan dengan gejala-gejala yang timbul pada penderita gangguan jiwa.
- Bagaimana membuat atau membangun suatu sistem untuk mendiagnosa penyakit gangguan jiwa.
- Bagaimanakah menentukan kategori gangguan jiwa yang di derita pasien dengan menimplementasi metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) kedalam sistem pakar.
1.3. Batasan Masalah
Batasan masalah penelitian adalah sebagai berikut:
- Mendiagnosa penyakit gangguan jiwa berdasarkan gejela-gejala yang diderita
- Input gejala-gejala gangguan jiwa yang menyerang pasien.
- Metode yang digunakan yaitu Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM).
- Bahasa pemograman yang digunakan yaitu PHP dan MySQL
1.4. Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah yang telah penulis kemukakan
diatas, maka tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan
mengimplementasikan sistem pakar untuk mengidentifikasi gangguan jiwa serta
mencari solusi yang tepat.
1.5 Manfaat Penelitian
Berdasarkan tujuan penelitian yang telah penulis kemukakan
diatas, maka manfaat dari penelitian ini adalah :
- Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dalam dunia kesehatan serta memberi informasi pengetahuan tentang penyakit – penyakit yang diderita oleh pasien gangguan jiwa dan gejala – gajalanya disertai tindakan yang harus diambil untuk mencegah langkah awal yang muncul pada pasien.
- Penelitian ini diharapkan dapat memberikan dignosa penyakit yang tepat bagi penderita gangguan jiwa.
1.6. Metodelogi
Penelitian
Untuk memperoleh data sebagai bahan yang menggunakan metode
Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM), penyusunan penulisan ilmiah
ini, dilakukan beberapa cara pengumpulan data. Adapun metode yang dilakukan
antaralain :
a.) Studi Pustaka
Dengan mencari berbagai referensi dari berbagai sumber, baik
majalah, buku,ataupun dari internet yang berkaitan dan mendukung penulisan
ilmiah ini.
b.) Studi Lapangan
Studi yang dilakukan secara lansung yaitu dengan mengamati
secara langsung ketempat penelitian yang terkait.
1.) Wawancara (
interview)
Selama melakukan penelitian penulis mengadakan wawan cara
dengan dokter, perawat dan kelurga pasien.
2.) Pengamatan
(Observasi)
Penulis meninjau langsung ke RSUD dr. Fauziah Bireuen
1.7. Sistematika
Penulisan
Dalam penyusunan penulisan ilmiah ini, penulis akan
menjelaskan tentang sistematika penulisan yang terdiri dari beberapa bab,
yaitu:
BAB I
PENDAHULUAN
Pokok bahasan meliputi latar belakang permasalahan,
perumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian,
metodologi penelitian, dan sistematika penulisan.
BABII LANDASAN
TEORI
Pokok bahasan menguraikan teori-teori yang mendasari
pembahasan secara detail, dapat berupa definisi -definisi atau model yang
langsung berkaitan dengan ilmu atau masalah yang diteliti.
BAB III ANALISA
DAN PERANCANGAN SISTEM
Bab ini menguraikan tentang analisis terhadap permasalahan
yang terdapat di kasus yang sedang diteliti. Meliputi analisis terhadap masalah
sistem yang sedang berjalan, analisis hasil solusinya, analisis kebutuhan
terhadap sistem yang di usulkan, analisis kelayakan sistem yang diusulkan.
Perancangan sistem berisikan metode penyelesaian masalah sistem lama dengan
membuat rancangan untuk sistem baru yang diusulkan.
BAB IV
IMPLEMENTASI
Bagian ini berisi penjelasan tentang lingkungan implemetasi
(OS, perangkat keras dan bahasa pemrograman yang digunakan), file-file
implementasi analisa dan perancangan sistem dari masing-masing modul atau klas
(relasinya) serta algoritma yang diimplementasikan.
BAB V PENGUJIAN
DAN PEMBAHASAN
Untuk kategori topik pengembangan perangkat lunak (dimana
perangkat lunak sebagai produk utama/akhir), maka bagian ini berisi penjelasan
tentang strategi pengujian (unit, integrasi dan validasi) dan teknik pengujian
(black box atau white box) yang dilakukan. Dijelaskan juga seluruh kasus uji
beserta hasil pengujiannya. Di dalam penjelasan setiap kasus uji harus
dimasukkan antara lain tujuan, data masukan, prosedur uji dan hasil yang
diharapkan.
BAB VI KESIMPULAN
DAN SARAN
Pada bab ini terdapat kesimpulan dari semua pembahasan yang
ada dengan saran-saran yang ditujukan bagi para pembaca atau pengembang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar